Minggu, 05 Desember 2010

statistika?disini masadepan ku

Dahulu saat aku duduk di bangku kelas XII, ada pertanyaan besar di benakku. Apa itu statistika ?, Apa yang dipelajari di dalam nya ?, Setelah lulus nanti akan menjadi apa ?. ya….pertanyaan itu yang dahulu terlintas dipikiran ku. Sekilas dipikiran ku statistika itu berhubungan dengan matematika. Hanya itu saja.
            Dalam artikel di internet yang pernah saya baca, statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Singkatnya statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.
            Pengetahuan ku mengenai statistika itu selalu berhubungan dengan matematika dan hitung berhitung, tetapi matematika terlalu kompleks dibandingkan statistika. Sewaktu aku mempelajari bab statistika di bangku Sekolah Menengah Atas statistika itu mempelajari mean, median, modus, dan sebagainya. Jadi, dari pelajaran tersebut aku menyimpulkan kalau statistika itu ilmu yang menpelajari pengolahan data, sedangkan statistik itu data yang dipelajari.(itu menurut pendapat ku). Bagaiman adengan pendapat teman-teman ?.
            Aku memilih dan bisa masuk di jurusan statistika tentunya punya alasan, tidak hanya coba-coba saja.Buat masa depan kok coba-coba. Setelah aku duduk dibangku kelas XII, aku bingung nantinya kalau aku lulus akan meneruskan kemana? Jurusan apa? Bingung setengah mati tentang hal itu. Aku saat duduk dibangku sekolah sangat suka dengan hitung berhitung, karena itu, aku mencari info tentang jurusan yang berhubungan dengan hitung menghitung.
            Aku diberi saran oleh guru les matematikaku (pak Eko*bacanya jangan dibalik nya*) untuk memilih jurusan statistika, karena beliau tahu kalau aku suka hitung menghitung dan matematika. Aku pun diperkenalkan dengan jurusan statistika dari beliau. Setelah beliau menyarankan hal itu aku berpikir , menimbang-nimbang, dan mencari tahu dulu tentang seluk beluk statistika. Apa yang dipelajari didalamnya?, Apa saja prospek kerja lulusan nya?. Setelah aku mencari tahu mengenai statistika dari berbagai sumber (browsing internet, Tanya sana sini, dll), Aku pun tertarik untuk memilih dan mempelajari jurusan tersebut. Orang tua sangat mendukung apa pilihan ku, hanya saja mereka menyarankan agar aku menuruskan di Semarang saja. Untunglah di Universitas Diponegoro ada jurusan statistika. Awal nya aku mengikuti tes UM1 Universitas Diponegoro, aku mengisikan pilihan pertama S1-Akuntansi, kedua S1-Statistika, dan ketiga S1-Administrasi public. Tapi apa daya aku belum beruntung. Aku pun juga mengikuti tes masuk STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistika), hasil nya pun saya belum beruntung. Aku juga mengikuti tes UNNES (Universitas Negeri Semarang), saat mengikuti tes tersebut aku memilih S1-pendidikan matematika, hasilnya juga belum beruntung. Aku sudah pasrah mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi yang lain. Tetapi aku nggak mau putus semangat karena masih ada SNMPTN dan UM2 UNDIP (Universitas Diponegoro). Aku mengikuti tes SNMPTN. Sembari menunggu hasil pengumuman yang sangat lama, aku mendaftar untuk mengikuti tes UM2 UNDIP (buat jaga-jaga kalau gag lolos SNMPTN). UM2 aku mengisi pilihan pertama S1-STATISTIKA. Satu bulan berlalu dan pengumuman hasil SNMPTN pun membuahkan hasil yang memuaskan. Alhamdulilah aku lolos pilihan ke-2, S1-STATISTIKA. Meskipun itu pilihan ke-2, tapi itulah yang aku harapkan. Aku sangat senang waktu itu karena tidak lagi belajar buat tes UM2….Orang tua pun senang melihat hasil SNMPTN melalui internet. Kata mereka, “Alhamdulilah bayar per semesteran nya gag mahal”.haha…Aku juga senang melihat Orangtua senang dan Aku sudah nggak bingung-bingung lagi mencari Perguruan Tinggi.
            Aku memutuskan untuk memilih jurusan statistika karena prospek kerja nya yang luas dan tidak semua Universitas ada jurusan ini (lumayan langka lah), aku juga suka yang berhubungan dengan hitung-menghitung, tetapi aku tidak mau dengan hal yang terlalu umum.Setiap orang memilih, menentukan, memutuskan sesuatu tentunya menpunyai tujuan setelah hal itu terjadi bukan ?. Begitu pun dengan ku. Aku memilih dan memutuskan untuk meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas Diponegoro (UNDIP) Fakultas MIPA Jurusan MATEMATIKA prodi STATISTIKA tentunya mempunyai gambaran cita-cita dan masa depan ku setelah aku lulus nantinya.
            Aku sewaktu kecil selalu bercita-cita menjadi seorang dokter anak. Tetapi, setelah aku melalui dan mempelajari banyak hal, saat aku melalui Sekolah Menengah Pertama dan berlanjut Sekolah Menengah Atas, aku mengurungkan cita-cita ku menjadi seorang dokter anak. Hal itu di karenakan aku begitu sulit memahami pelajaran Biologi dan aku tidak suka dengan pelajaran tersebut. Karena aku suka sekali yang berhubungan dengan hitung menghitung, aku memilih jurusan statistika, dan mempunyai gambaran cita-cita dan masa depan ku setelah lulus nanti.
            Aku ingin dan berkomitmen menjadi orang yang sukses tentunya. Aku mempunyai keinginan bekerja di sebuah Bank ternama atau bekerja di Departemen Keuangan ( Depkeu ), dan setelah aku bekerja serta mempunyai cukup modal aku berkeinginan membuka usaha (seperti membuat butik atau restoran), aku bisa manjalankan usaha ku tersebut sekaligus bekerja..
            Itulah gambaran saya mengenai statistika dan masa depan ku. Pengetahuan apa itu statistika ?, alasan ku memilih jurusan statistika, serta gambaran cita-cita dan masa depan ku nantinya..
            Sesulit apapun hal yang kita pelajari, yakin lah kalau kita bisa melalui hal tersebut dengan cukup baik. Lakukan segala kegiatan dengan ikhlas dan hati gembira, karena hal itulah yang akan membantu kita meraih cita-cita dan masa depan kita.




3 Comments:

Avin said...

Hidup Statitiska :)

Unknown said...

Kak mau tanya distatistika itu yang dipelajari nantinya kayak gimna? Susah enggk sih. Aq jga bngung buat prtimbangan stlah ini .. mhon dblas ya kak

Unknown said...

Kak mau tanya distatistika itu yang dipelajari nantinya kayak gimna? Susah enggk sih. Aq jga bngung buat prtimbangan stlah ini .. mhon dblas ya kak

 

This Template is Brought to you by : AllBlogTools.com blogger templates